Asisten I Buka Secara Resmi Rakor Penyelenggaraan Trantibum dan Linmas Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2022

Jum'at, 25 Maret 2022 14:37 WIB   0 Komentar   61 view
Image

PONTIANAK_Mewakili Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Asisten I Setda Provinsi Kalbar, Linda Purnama membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum (Trantibum) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2022 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (24/03/2022).

Dalam arahannya, Asisten I ini mengapresiasi atas kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalbar dan Satpol PP Kabupaten/Kota se-Kalbar yang selama ini telah banyak berkontribusi saat penanganan pandemi corona virus disease 2019 (covid-19).

Kemudian, ia juga mendukung langkah-langkah Satpol PP Provinsi Kalbar untuk upayanya dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penegakan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah.

Saat memberikan arahan tersebut, Linda membacakan Sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Satpol PP dan HUT ke-60 Satuan Perlindungan Masyarakat Tahun 2022.

Melalui sambutan yang dibacakan, Mendagri memberikan arahan kepada seluruh Anggota Satpol PP dan Satlinmas yaitu pertama meningkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian serta penegakan disiplin protokol kesehatan covid-19 serta berperan aktif dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

Kedua, berperan aktif dalam percepatan vaksinasi tahap 1, 2, dan 3 karena vaksinasi adalah faktor kunci dalam penanganan pandemi saat ini.

Ketiga, berikan contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan disiplin protokol kesehatan covid-19.

Keempat, tingkatkan pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan dalam mengawal urusan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat sebagai urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar.

Kelima, perkuat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional, saling membantu dan saling menghormati.

Terakhir keenam, laksanakan tugas yang tegas namun tetap humanis, dan senantiasa memperhatikan aspek Hak Asasi Manusia serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan daerah.

 

Rakor Penyelenggaraan Trantibum dan Linmas Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2022 dihadiri langsung secara daring oleh Direktur Pol PP dan Linmas, Bernhard E. Rondonuwu beserta para Kasat Pol PP Kabupaten/Kota se-Kalbar. (NJL)