SATPOL PP TULANG PUNGGUNG PAD BEKERJA DAN BERSEMANGAT MENEGAKKAN ATURAN

Selasa, 3 Maret 2020 15:38 WIB   0 Komentar   71 view
Image

Direktur Pol PP dan Linmas DR. Arief M.Edi, M.Si mengemukakan

Satpol PP ada lantaran menjadi amanah UU 23/2014 Tentang Pemerinrahan Daerah yang mengatur 6 urusan wajib pelayanan dasar yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah,  dimana Satpol PP mengemban urusan TRANTIBUM LINMAS.  Peran sentral Satpol PP sebagai Tulang Punggung meningkatkan PAD lantaran banyak hal yang berurusan dengan PERDA yang tidak dilaksanakan oleh pengguna jasa, anbil contoh pajak hotel restoran, pajak bangunan, pajak kendaraan bermotor, izin mendirikan bangunan. Tugas Pol PP untuk menertibkan itu guba meningkatkan PAD. Tentunya Pol PP dalam menjalankan tugasnya, tidak hendak  memutus mata rantai ekonomi, tidak menyengsarakan masyarakat. Namun demikian hendaknya masyarakat tisak mengedepankan ego masing-masing. Harua memahami aturan, misalnya mwmbuka lapak berjualan di trotoar, karena pinggir jalan dan teotoar adalah milik beraama, jangan dipakai untuk urusan pribadi.

 

Rakornas Satpol PP yang digelar di Mataram merupakan rangkaian peringatan HUT Pol PP ke-70 dan Hut Satlinmas ke-58 dimana NTB menjadi tuan rumah. Total ada 600 Kasat Pol PP Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mengikuti Rakornas di Mataram. Rakornas ditutup Dirjen Bina Adwil Kemendagri  DR.Eko Wibowo, MM selasa 2 Maret 2020.

 

Rakornas menghasilkan 7 rekomendasi yang diajukan ke Mendagri swlaku Pembina Umum Satpol PP dan Satlibmas.  Kasatpol PP Prov.Kalimantan Barat Golda M.Purba,SP,SH,MH yang memimpin pembulatan rakornas menyerahkan 7 rekomendasi itu kepada Eko Wibowo. 7 rekomendasi menyangkut sejumlah hal, diantaranya:

1. Rakornas merekomendasikan adar Direktorat Pol PP dan Linmas dipimpin pejabat setingkat eselon 1. Peningkatan ini diperlukan untuk efektifitas tugas pokok dan fungsi Satpol PP.

2. Perlunya penyiapan dan penyususnan Standar Minimal dan kapasitas dan dan keahlian PPNS dan sarana prasarana yang dimiliki, menyiapkan rancangan rasio pemenuhan personel  SDM POL  PP

 

3. Perlunya Kemendagri mewujudkan anggaran Pol PP minimal 1 persen dari APBD untuk pembiayaan Trantibumlinmas yang diampu Pol PP

 

4. Memberikan insentif bagi anggota satlinmas melalui ADD dan APBD.

 

Terkait rekomendasiiya ini Dirjen Bina Adwil Eko Subowo berjanji akan menyampaikan ke Memdagri. Forum ini memang untuk mwngevaluasi kebijakan apa yang diperlukan dan apa yamg diusulkan. Eko mengatakan bahwa penguatan kelembagaan, SDM dan penganggaram adalah prioritas. Malamnya dilaksanakan jamuan makan malam oleh Walikota Mataram H.Ahyar Abduh. Neloau berterima kasih kepada Kemendagri dan  seluruh Pol PP yang datang ke Mataram sekitar 5000 orang dari Swluruh Indoneaia, telah menggerakkan sektor  riil pariwisata. Ini menjadi m omem dan bukti bahwa Mataram telah Move on  dan NTB sudah bangkit dari keterpurukan akibat gempa bumi 2018. Kita terus semangati Pol PP untuk terus bersama bekerja dan menegakkan aturan. 

 

ARAHAN MENDAGRI pada Apel Hut Satpol PP dan Satlinmas di Lapangan Selaparang , Mataram.

 

Milikilah kebanggaan sebagai Satpol PP dan Satlinmas

Dibahu rekan2 tertumpu harapan masyarakat Untukk ketertiban umum

Pembuktian 70 thn n 58 thn  hadir dan eksist, artinya publik menginginkan saudara  tetap bekerja. 

Tak banyak organisasi eksis 58   dan 70 tahun.

 

Tapi saya harapkan saudara/i tidak lupa diri, cepat puas 

Masih banyak harapan masyarakat dan pekerjaan kita ke depannya. Agenda-agenda dukungan pengamanan salah satunya Pilkada serentak 2020.

Teruslah  berbenah di kelembagaan, penganggaran dan paling utama memperkuat integritas dengan meningkatkan kemampuan teknis dan taktis

Tiada hari tanpa latihan.

Taati kode etik. 

Janjimu melalui Pancawira Satya Poliai Pamong Praja dan Janji Satlinmas, Jalankan dengan baik

Ketika publik trust maka rakyat yg akan membela karena rakyat butuh saudara semua. 

 

Slamat untuk penghargaan dan kontribusi, karya bhakti membesarkan satpol PP dan satlinmas kepada:

1. Kasatpol PP Prov.DKI Jakarta, Arifin

2.Kasatpol PP Prov Kalbar, Golda M.Purba

3.Kasatpol PP Prov.Bengkulu, Murlin

4. Kasatpol PP Kota Cirebon

5. Kasatpol PP Mojokerto

 

Terima kasih untuk Gubernur NTB, Walikota, Bupati yg memfasilitasi kegiatan. Ini membuktikan Indonesia bukan Jakarta saja, semoga kehadira  Pol PP meningkatkan gairah sektor pariwisata dan meningkatkan PAD.

SLAMAT HUT SATPOL PP KE 70 DAN SATLINMAS KE 58

Semoga makin Professional, humanis dan dekat sengan Masyarakat.

SALAM PRAJA WIBAWA.