KERJASAMA ANTAR LEMBAGA DAN KEMITRAAN MELALUI KOMITMEN BERSAMA DALAM TEKNIK PENCEGAHAN KEJAHATAN KEMITRAAN PENYELENGGARAAN KETENTRAMAN, KETERTIBAN UMUM, DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Senin, 19 Juni 2023 10:25 WIB   0 Komentar   10225 view
Image

Pontianak - Sebuah acara penting diselengarakan oleh Satpol PP Prov. Kalbar bertajuk "Kerjasama Antar Lembaga dan Kemitraan melalui Komitmen Bersama dalam Teknik Pencegahan Kejahatan Kemitraan Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat Provinsi Kalimantan Barat" digelar di Star Hotel, Jalan Gajahmada nomor 189, pada Senin 19 Juli 2023. Acara ini bertujuan untuk membahas sinergi antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat, dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan menjaga ketertiban di wilayah tersebut.

  

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Barat yang mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Dalam sambutannya Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan Komitmen Bersama Dalam Kemitraan Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat Melalui Kegiatan Penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Gubernur di Provinsi Kalimantan Barat bertujuan untuk menjalankan misi ke-5 (lima) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yaitu mewujudkan masyarakat yang tertib melalui pola kemitraan antara Satuan Polisi Pamong Praja dengan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Pola kemitraan ini wajib diterapkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja karena merupakan amanat dari Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat secara khusus dalam Pasal 11 yang memuat enam belas (16) tertib yang harus ditegakkan dan merupakan implementasi dari berbagai Peraturan Daerah yang telah ditetapkan dan dilaksanakan oleh masing-masing Perangkat Daerah

Turut hadir dalam acara ini perwakilan dari berbagai instansi terkait, antara lain Dinas Dukcapil, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perhubungan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

Narasumber pertama, Ibu Dayang Yuli Samsiah, SIP, MPP, Penata Perizinan Ahli Madya dari DPMPTSP, memberikan materi dengan judul "Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Barat." Dalam presentasinya, Ibu Dayang Yuli Samsiah membahas tentang upaya yang telah dilakukan oleh DPMPTSP dalam memberikan pelayanan perizinan yang efektif dan efisien kepada masyarakat yang berlandaskan Peraturan Daerah guna meningkatkan iklim investasi di Kalimantan Barat. Ia juga menyampaikan komitmen DPMPTSP untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan mempermudah proses perizinan bagi para pemangku kepentingan,.

Sementara itu, narasumber kedua, Ir. Dionisius Endy Vietsaman, MMP, Kepala Bidang KP3KP dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat, menyampaikan materi dengan judul "Sinergitas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat terhadap Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat Nomor 4 Tahun 2021 melalui Tertib Perikanan dan Kelautan." Ir. Dionisius Endy Vietsaman membahas tentang peran serta Dinas Kelautan dan Perikanan dalam menjaga ketertiban dan keberlanjutan sektor perikanan dan kelautan di Provinsi Kalimantan Barat, sesuai dengan regulasi yang berlaku. Ia juga menggarisbawahi pentingnya sinergi antara instansi terkait dalam mencapai tujuan bersama dalam bidang tersebut.

Acara ini menjadi momentum penting bagi para peserta untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan best practice guna memperkuat kerjasama antar lembaga dan kemitraan dalam rangka meningkatkan ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat. Melalui dialog dan diskusi yang interaktif, diharapkan tercipta langkah-langkah konkret yang dapat diimplementasikan secara kolaboratif oleh seluruh pihak terkait.

Kemitraan antarlembaga dan sinergi antara DPMPTSP dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat diharapkan akan membawa manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan pengembangan potensi wilayah ini. Dengan adanya acara ini, diharapkan pelayanan perizinan dan ketertiban di sektor perikanan dan kelautan dapat ditingkatkan, sehingga menciptakan lingkungan yang kondusif bagi investasi dan kemajuan bagi masyarakat Provinsi Kalimantan Barat.